Selasa, 12 November 2013

Obyek Wisata Di ROTE






Kabupaten Rote Ndao, Adalah Sebuah Kabupaten Yang Berada Di Wilayah Propinsi Nusa Tenggara Timur [ NTT ]. Kabupaten Yang Berada Didalam Sebuah Pulau, Yakni Pulau Rote Ini Memiliki Banyak Ragam Pesona Wisata Alam, Selain Keragaman Wisata Budaya Yang Mungkin Tidak Anda Jumpai Di Wilayah Manapun Juga Di Propinsi Nusa Tenggara Timur [ NTT ]. Kabupaten Rote Ndao Sebagai Sebuah Pulau, Sudah Pasti Memiliki Banyak Pesona Wisata Bahari Sebagai Obyek Wisata Utama Dari Pulau Rote Ini.Diantaranya:

1.Pulau Ndana terletak di Kec. Rote Barat Daya adalah sebuah pulau yang sangat indah dengan cagar alamnya, terletak di mulut pantai selancar Bo’a – Nemberala yang dapat dijangkau dengan perahu motor / spedbot + 20 menit. Pulau Ndana dikelilingi oleh pasir putih yang indah serta desiran ombak yang cukup menarik untuk permainan lomba selancar. Di tengah di atas pulau ini memiliki sebuah danau merah yang merupakan salah satu obyek yang memiliki tingkat keramat yang masih kuat, salah satu pantangan bagi pengunjung perempuan yang datang di lokasi ini tidak dalam menstruasi. Di danau ini juga terdapat pedang keramat yang dahulu dipakai oleh seorang tokoh adat bernama SANGGUANA untuk membasmi musuhnya.

2.Pantai Nemberala terletak didesa Bo’a, Kec. Rote pecahannya ke kanan yang Barat Daya, kedua pantai ini sangat dikenal dengan pasir putih yang indah dan menawan serta ombaknya sangat bagus dan menarik dengan 8 kali gulungan merupakan tantangan bagi peselancar dunia. Pemda Rote Ndao bekerjasama dengan organisasi Bali melakukan lomba selancar bertaraf internasional yang dilaksanakan pada bulan September – Oktober setiap tahunnya 

3.Batu Termanu, terletak di Kec.Rote Tengah.
 Menurut Legenda Rakyat Yang Berkembang Dikalangan Masyarakat Rote Ndao, Yang Menceriterakan Asal Usul Batu Termanu Ini. Diyakini Bahwa Batu Termanu Adalah Sebuah Batu Besar Yang Berasal Dari Kepulauan Di Maluku, Yang Dapat Berpindah-Pindah Lokasinya. Sampai Suatu Ketika Batu Ini Tiba Di Rote Dan Menetap Ditempatnya Sekarang. Keyakinan Tentang Riwayat Batu Termanu Sebagai Sesuatu Yang Sakral Dan Mengandung Nilai Magic Tergambar Dengan Adanya Ritual Meminta Hujan Yang Diadakan Di Sekitar Kaki Batu Termanu [ Dasarnya Yang Melandai ], Dimana Pada Saat-Saat Tertentu Ritual Ini Diadakan Oleh Para Tua Adat [ Tokoh Adat ] Suku Asli Di Sekitar Kawasan Batu Termanu Ini.

Masih banyak tempat-tempat eksotik di Rote seperti Pantai Puku afu, Pantai Tongga, Oeseli, Danau Tua yang  melegenda.

Jika anda tertarik untuk mengunjungi Pulau Rote, anda bisa menghubungi saya di : elynfanggidae@gmail.com

3 komentar: